Selasa, 02 November 2010

si TUA yang MENARIK

si TUA yang MENARIK alias ONTHEL, siapa yang tidak tahu sepeda onthel? sepeda peninggalan jaman belanda ini berusia puluhan tahun bahkan ada yang berusia ratusan tahun, namun keekisannya tetap terjaga.

Sepeda Onthel atau disebut juga sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Berbagai macam merek sepeda onthel beredar di pasar Indonesia. 
Kegemaran masyarakat terhadap sepeda onthel tepat bersamaan dengan berkembangnya ancaman global warming. Bisa jadi ketika, BBM semakin mahal dan polusi udara semakin tidak terkendali, komunitas sepeda onthel akan menjadi salah satu garda terdepan untuk mensosialisasikan kembali pentingnya naik sepeda. Sepeda yang dulunya dianggap kuno dan udik, barangkali akan kembali menjadi alat transportasi utama di masa mendatang.
Saat ini ada beberapa perkumpulan sepeda di kota jakarta yang benar-benar menekuni sepeda onthel, warna dan penampilan sepeda onthel saat ini sudah mengikuti perkembangan jaman tidak lagi seperti barang tua yang tidak indah dipandang mata melainkan jadi BARANG TUA YANG MENARIK, dan menjadi buruan orang banyak mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pejabat. 
Seperti di kota Tua, puluhan sepeda onthel cantik disewakan untuk para wisatawan yang ingin berkeliling disana. Harga sewanya Rp 20.000 untuk satu jam, tidak usah bingung kemana anda ingin berkeliling disana karena ada peta yang diberikan secara gratis, bila anda tidak ingin pergi sendirian disana juga disediakan pemandu wisata yang siap sedia menemani kemana saja tempat-tempat yang menjadi tujuan para wisatawan.

Jadi bagi anda yang tidak memiliki sepeda onthel tapi ingin mengendarainya dan mengabadikan foto-fotonya tidak usah bingung, kota tua akan menjadi rekomendasi yang bagus untuk anda. SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar